DESA ROWOSARI KEC.TUNTANG KAB. SEMARANG

: Jln. Raya Rowosari - Sraten Km.1, Desa Rowosari Kecamatan Tuntang 50773 | : 085879515992 | : tuntang.rowosari@gmail.com

Petani di Desa Rowosari Kecamatan Tuntang terancam gagal panen

img

ROWOSARI , TUNTANG—Sejumlah sawah milik warga di Desa Rowosari, Kecamatan Tuntang terancam gagal panen. Banyak lahan milik warga yang rusak akibat banjir dan angin. Padahal bertani menjadi mata pencaharian utama warga Rowosari.

Dari pantauan wartawan Radar Semarang, beberapa sawah warga terendam air luapan sungai akibat hujan deras beberapa hari terakhir. Beberapa di antaranya terkena angin sehingga banyak tanaman padi yang tumbang.

Suradi, 45, petani di Rowosari mengatakan jika hasil sawahnya tahun ini tidak maksimal. Hujan deras diikuti angin kencang, telah banyak merusak tanaman padi miliknya. Kalau hasil pertanian sebelumnya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya, kini berkurang drastis.

“Banyak teman-teman saya yang sudah panen, berhenti menunggu intensitas hujan berkurang. Kalau mau menanam, namun cuacanya terlalu ekstrim, khawatir terendam banjir, malah rugi banyak,” katanya.

Hal senada diungkapkan Khasan, 53, petani di Rowosari. Akibat hujan disertai angin, menyebabkan padi yang tinggal menunggu panen rusak. Kalau sudah begitu, hasil padinya pasti berkurang drastis. Kalau memaksakan menanam padi, risikonya sangat tinggi.

“Yang kasihan itu, kalau tinggal menunggu panen terendam banjir. Pasti menyesal luar biasa. La wong, yang baru tandur (menanam, red), kemudian terendam saja menyesal. Karena rugi bibit, tenaga dan waktu. Tapi saya kira pada cuaca seperti ini banyak sawah di daerah Jawa Tengah yang terendam banjir,” tandasnya.

Sumber  : Jawa Post – www.radarsemarang.com